Selasa, 06 Desember 2011

ENERGI ALTERNATIF /MAKALAH

PENGERTIAN ENERGI ALTERNATIF
Energi alternatif adalah istilah yang merujuk kepada semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa akibat yang tidak diharapkan dari hal tersebut. Umumnya, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change. Selama beberapa tahun, apa yang sebenarnya dimaksud sebagai energi alternatif telah berubah akibat banyaknya pilihan energi yang bisa dipilih yang tujuan yang berbeda dalam penggunaannya.
Istilah "alternatif" merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.
Oxford Dictionary mendefinisikan energi alternatif sebagai energi yang digunakan bertujuan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam atau pengrusakan lingkungan.

SEJARAH
Dalam sejarahnya, transisi penggunaan energi alternatif berdasarkan faktor ekonomi, hadirnya suatu sumber energi baru bertujuan untuk menggantikan sumber energi yang lama yang semakin langka dan mahal, tidak ekonomis lagi, atau tidak dapat diakses lagi.






ENERGI ALTERNATIF DARI KULIT DURIAN
Durian, tidak hanya enak dimakan tapi juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi energi alternatif baterai yang berasal dari kulitnya.
kulit durian memiliki kandungan Natrium dan kalium yang dapat menghasilkan energi. Hasil baterai racikan dari kulit durian ini dapat menghasilkan energi 1,5 volt dan dapat bertahan lima hari ke depan.
Selain itu kulit durian juga dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar pesawat aftur.
CARA MEMBUAT BATERAI DARI KULIT DURIAN
Alat – alat :
1. Kulit Durian
2. Alat Penumbuk
3. Baterai Bekas
4. Multi tester/ alat untuk memeriksa voltase.
Cara Pembuatan :
Tumbuk halus kulit bagian dalam durian hingga menjadi pasta. Lalu, bongkar limbah sisa batu baterei bekas dan buanglah arang di dalam baterai. Selanjutnya, pasta kulit durian dimasukan kedalam cangkang baterai bekas dan ditutup rapat. Kemudian gunakanlah alat multitester untuk memeriksa kandugan voltase baterei.
Hasilnya, kekuatan daya baterei racikan ini akan setara dengan baterai baru yakni 1,5 volt dan dapat bertahan hingga lima hari ke depan. Selain itu kulit durian juga dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar pesawat aftur.



DAFTAR ISI
Pendahuluan…………………………………………………………………………………………………. i
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………………….. iii
Pengertian Energi Alternatif …………………………………………………………………………. 1
Sejarah …………………………………………………………………………………………………………. 1
Energi alternatif dari kulit durian ………………………………………………………………….. 2
Alat-alat untuk membuat energi alternatif …………………………………………………… 2
Cara Pembuatan Energi altrnatif dari Kulit Durian ……………………………………….. 2
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………………………………. 3










DAFTAR PUSTAKA
http://fit.uii.ac.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Durian
http://kabar-toraja.com/gaya-hidup/teknologi/610-kulit-durian-bisa-jadi-energi-alternatif-baterai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar